Sabtu, 07 Mei 2016

Bagian-bagian Bunga

Bunga dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga. Bunga yang hanya terdiri atas satu bagian bunga dinamakan bunga tidak lengkap. Bunga yang memiliki alat perkawinan/kelamin bunga dan perhiasan bunga disebut bunga lengkap.

Secara rinci fungsi masing-masing bagian yang penting, dari sekuntum bunga adalah sebagai berikut.
a. Perhiasan Bunga
Perhiasan bunga merupakan bagian bunga yang terdiri atas kelopak dan mahkota. Kelopak berfungsi sebagai pelindung/penutup bunga saat masih kuncup dan sebagai penyangga saat bunga mekar. Sedangkan mahkota merupakan helaian berwarna yang berfungsi sebagai penarik serangga.

b. Alat Kelamin
Alat kelamin pada bunga terdiri atas benang sari (stamen) sebagai alat kelamin jantan yang mampu menghasilkan sel kelamin jantan, dan putik (pistillum) sebagai alat kelamin betina yang menghasilkan sel kelamin betina.

Pada benang sari yang masih kuncup, kotak sari masih tertutup, dan kepala sari tampak kaku, sedangkan pada benang sari yang telah masak, kotak sari terbuka sehingga serbuk sari dapat berhamburan keluar. Serbuk sari bersifat lengket, mudah melekat pada benda yang menyentuhnya. Bunga jenis rumput yang penyerbukannya banyak dibantu oleh angin, benang sarinya kecil-kecil, kering, ringan, jumlahnya sangat banyak, serta didukung oleh tangkai sari yang lemah, panjang, dan mudah digerakkan oleh angin.

Setiap putik memiliki pangkal mengembung yang dinamakan ovarium. Ovarium berisi satu atau lebih bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat sel kelamin betina (ovum) dari tumbuhan tersebut. Pada bagian ujung, putik membentuk sebuah tangkai putik yang bagian puncaknya berupa ujung lancip atau datar yang dinamakan kepala putik. Jenis bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin, kepala putiknya berbulu dan terentang keluar dari bunga sehingga mudah menangkap serbuk sari yang melayang-layang di udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar