Kamis, 12 Mei 2016

Pengertian Kelas Sosial (Social Class)

Kelas sosial merujuk kepada pembedaan hierarki/tingkatan antara individu-individu dalam sebuah masyarakat. Pengertian kelas sosial bisa berbeda-beda dalam tiap zaman dan masyarakat. Namun, kelas sosial secara umum sering ditentukan oleh tingkat pendapatan, pendidikan, dan kesejahteraan.
Contohnya:
Kelas menengah, golongan pengusaha, kaum bangsawan.
Menurut Soerjono Soekanto, pengertian kelas sosial hampir sama dengan lapisan sosial tanpa membedakan apakah berdasarkan faktor uang, tanah, atau kekuasaan. Ada juga yang menggunakan istilah kelas sosial hanya untuk lapisan sosial berdasarkan ekonomi, sedangkan lapisan sosial berdasarkan kehormatan dinamakan kelompok status (status group).
Kornblum mendefinisikan kelas sosial hampir sama dengan kasta, hanya saja penentuannya berdasarkan kriteria ekonomi seperti pekerjaan, penghasilan, dan kemakmuran. Biasanya, kelas sosial bersifat terbuka dan tidak homogen. Artinya, terjadi mobilitas baik ke atas maupun ke bawah di antara kelas-kelas itu.
Max Weber mengadakan pembedaan antara dasar ekonomis dengan dasar kedudukan sosial, tetapi tetap menggunakan istilah kelas sosial bagi semua lapisan. Kelas sosial yang bersifat ekonomis ini dibagi lagi ke dalam subkelas yang dipilah berdasarkan kecakapan di bidang ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar