Kamis, 12 Mei 2016

Pengertian Organisasi Sosial

Masyarakat dibentuk oleh bermacam-macam organisasi. Konsep organisasi di sini berbeda dengan yang biasa kita temui sehari-hari. Organisasi sosial dibentuk dari sejumlah individu dengan beragam kedudukan/status sosial yang berinteraksi dan melakukan peran sosialnya. Dalam organisasi ada tujuan bersama dengan tugas-tugas untuk mencapainya serta struktur dalam menjalankan tugas itu. Jadi, organisasi sosial bisa diartikan sebagai sekelompok orang yang memiliki kesamaan dan kesadaran berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Contoh yang terdekat denganmu adalah organisasi kelas. Dalam organisasi kelas terdapat struktur forrnal/resmi (wali kelas, ketua kelas, sekretaris, bendahara, kelompok piket, dan lain-lain). Setiap orang harus menjalankan peran sesuai kedudukannya untuk mencapai tujuan terciptanya kehidupan kelas yang tertib dan nyaman.
Berdasarkan sifat resmi tidaknya, dikenal dua jenis organisasi sebagai berikut.
a. Organisasi formal
Organisasi formal sifatnya lebih teratur, mempunyai struktur organisasi yang resmi, serta terdapat perencanaan dan program yang akan dilaksanakan secara jelas.
Contohnya:
OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), LSM, dan lain-lain.
Organisasi formal terbentuk secara resmi melalui prosedur dan tahap yang jelas. Langkah-langkah tersebut biasanya diatur melalui peraturan. Begitu pula dengan perekrutan anggota-anggotanya.
b. Organisasi informal
Karena bersifat tidak resmi, struktur organisasi informal tidak begitu jelas atau bahkan tidak ada. Begitu pula dengan perencanaan dan program yang akan dilaksanakan tidak dirumuskan secara jelas dan tegas, kadang-kadang terjadi begitu saja secara spontan.
Contohnya:
Karang Taruna, Kelompok Pecinta Puisi di sekolah, fans club suatu grup musik terkenal, dan sebagainya.
Pembentukan organisasi informal tidak perlu melalui proses panjang bahkan bisa terjadi secara spontan. Ketika sekelompok orang berkumpul dan sepakat untuk bekerja sama dengan tujuan tertentu maka terbentuklah organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar