Minggu, 08 Mei 2016

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif atau perkembangbiakan secara tidak kawin adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melibatkan alat perkawinan sehingga sama sekali tidak tergantung pada adanya alat kelamin. Berdasarkan cara terjadinya, perkembangbiakan vegetatif dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangbiakan vegetatif alamiah dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Perkembangbiakan vegetatif alamiah terjadi apabila terbentuknya individu baru terjadi dengan sendirinya (tanpa bantuan manusia). Apabila kita menanam sebatang pohon pisang, kemudian selang beberapa bulan di samping induk pohon pisang tersebut tumbuh tunas-tunas pohon pisang yang baru, itulah contoh pembentukan individu baru secara vegetatif alamiah.

Perkembangbiakan vegetatif buatan terjadi apabila manusia melakukan budi daya terhadap suatu tanaman untuk memperoleh keturunan baru secara vegetatif. Mencangkok adalah salah satu contoh perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Cangkokan mangga tidak mungkin ada secara alamiah, karena merupakan budi daya manusia untuk memperoleh bibit unggul tanpa melalui penyemaian biji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar