Senin, 13 Juni 2016

Hukum I Newton (Hukum Kelembaman)

Hukum I Newton menyatakan: “apabila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda maka benda akan bergerak terus dengan kelajuan tetap pada lintasan lurus (GLB) atau tetap diam”.

Hukum I Newton dapat diartikan jika suatu benda mula-mula diam maka benda selamanya diam. Benda bergerak jika benda itu diberi gaya luar, misalnya mobil-mobilan diam jika didorong atau ditarik menjadi bergerak. Sebaliknya jika benda sedang bergerak maka benda selamanya bergerak, kecuali bila ada gaya yang menghentikannya, misalnya mobil-mobilan yang bergerak jika ditahan atau adanya gaya gesekan maka akan berhenti.

Hukum I Newton mengungkap tentang sifat benda yang cenderung mempertahankan keadaannya atau dengan kata lain sifat kemalasan benda untuk mengubah kedudukannya. Sifat ini disebut kelembaman atau inersia. Oleh karena itu, Hukum I Newton disebut juga hukum kelembaman.

Kelembaman atau inersia benda dipengaruhi oleh massa benda. Makin besar massa benda makin besar inersia benda. Jika massa benda besar, maka benda sukar dipercepat atau sukar diubah geraknya. Sebaliknya, jika massa benda kecil maka benda mudah dipercepat atau mudah diubah geraknya.

Oleh karena massa mempengaruhi inersia maka sering disebut massa adalah ukuran kelembaman benda. Artinya, massa benda merupakan ukuran yang menyatakan tanggapan benda terhadap segala usaha yang akan membuatnya mulai bergerak, atau segala perubahan pada keadaan geraknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar