Kamis, 16 Juni 2016

Jaring-jaring kehidupan, rantai makanan, dan jaring-jaring makanan

Jaring-jaring kehidupan merupakan peristiwa makan dan dimakan untuk memindahkan zat dari makhluk hidup yang satu kepada makhluk hidup yang lainnya dalam suatu proses kehidupan.

Sedangkan jaring-jaring kehidupan itu bisa terbentuk dengan melalui suatu komponen-komponen biotik sebuah ekosistem dan menunjukkan arus perpindahan dari energi dan zat tertentu.

Rantai makanan merupakan suatu peristiwa makan dan dimakan yang dilakukan oleh makhluk hidup dengan melalui urut-urutan tersebut. Contoh rantai makanan dimulai dari produsen menuju konsumen tingkat pertama menuju konsumen tingkat kedua menuju ke konsumen tingkat ketiga dan seterusnya.

Jaring-jaring makanan merupakan sekumpulan beberapa rantai yang saling berhubungan. Sedangkan satu jenis produsen tidak hanya dimakan oleh sejenis konsumen saja, melainkan sejenis konsumen tidak hanya tergantung oleh satu jenis makanan saja. Dan dalam sebuah ekosistem itu terdapat banyak rantai makanan, jika rantai-rantai makanan itu disusun secara baik, maka akan terbentuk sebuah jaring-jaring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar