Rabu, 08 Juni 2016

Fokus adalah tips sukses paling jitu

Saya kira tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa semua orang ingin meraih kehidupan yang sempurna seperti yang diidam-idamkannya. Semua orang ingin menjadi orang sukses. Bahkan sekarang ini telah bertebaran berbagai macam buku tentang tips atau cara meraih kesuksesan. Namun, apakah kesuksesan merupakan sesuatu yang mudah untuk diraih? Kalau memang mudah, kenapa jumlah orang gagal jauh lebih banyak daripada orang sukses? Berarti memang kesuksesan merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk diraih. Oleh karena itu tidak mengherankan jika buku-buku motivasi kesuksesan maupun buku-buku pengembangan diri sangat laris di pasaran. Banyak orang ingin belajar cara meraih kesuksesan.

Namun, tahukah anda jika kesuksesan merupakan suatu hal yang alami dan cenderung “mudah” sifatnya? Kalau tidak percaya, tanyakan saja kepada orang-orang yang telah berhasil. Sebagian besar dari mereka akan mengatakan bahwa kunci utama menuju kesuksesan adalah fokus. Fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Fokus pada tugas yang mampir di depan mata. Fokus untuk menyelesaikan setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Artinya, orang sukses adalah bukan orang yang berhasil mengerjakan pekerjaan besar. Memang, yang mereka lakukan adalah sesuatu yang besar, namun pekerjaan besar mereka sebenarnya adalah akumulasi dari banyak pekerjaan kecil yang mampu mereka selesaikan dengan baik. Mereka (orang sukses) selalu berbuat sesuatu setiap hari, mereka selalu berusaha untuk menyelesaikan sesuatu setiap hari, bahkan meskipun yang mereka kerjakan itu adalah sesuatu yang kecil di mata orang lain. Namun mereka dengan penuh kesungguhan ikhlas untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas mereka. Mereka mengerahkan segala upaya mereka untuk menyelesaikan tugas, tanpa mempedulikan apa yang akan terjadi nanti. Yang penting bagi mereka, mereka fokus untuk menyelesaikan tugas. Yang mana tugas-tugas yang selesai setiap hari itu akan terakumulasi menjadi suatu pencapaian besar. Suatu pencapaian yang mungkin hanyalah mimpi bagi kebanyakan orang.

Kalau kita cermati, apa yang mereka lakukan dalam kehidupan mereka hanyalah mereka memfokuskan diri pada apa yang mampu mereka lakukan dengan tidak mempedulikan hal-hal yang mereka tidak mampu. Bukankah kita mengetahui bahwa orang sukses tidaklah terbatas pada satu bidang saja? Setiap bidang mempunyai orang-orang yang ahli di dalamnya. Keahlian dan kemampuan besar dalam satu bidang itulah yang menjadikan mereka sebagai orang sukses. Dan hal tersebut tidak akan tercapai tanpa kekuatan fokus.

Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi orang sukses, tanyakan kepada diri anda sendiri, pada bidang apakah aku paling berarti? Setelah anda menemukan jawabannya, fokuskan diri anda untuk menguasai seluruh aspek pada bidang tersebut sampai anda benar-benar menjadi orang handal dalam bidang tersebut. Jika anda mampu melakukannya, maka kesuksesan akan datang kepada anda secara otomatis dan alamiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar