Kamis, 16 Juni 2016

Perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada hewan

Perkembangbiakan vegetatif terjadi pada hewan bersel satu, seperti amoeba, euglena, paramecium, dan virus. Secara umum perkembangbiakan vegetatif pada hewan bersel satu dengan cara membelah diri.

Hewan bersel satu, seperti amoeba, mempunyai inti sel. Perkembangbiakan amoeba dimulai dengan pembelahan inti sel menjadi dua bagian. Setelah itu diikuti dengan pembelahan cairan sel dan dinding sel. Akhirnya, terbentuklah dua sel amoeba baru. Kedua amoeba ini hidup mandiri dan akan tumbuh menjadi amoeba dewasa. Lalu, setiap amoeba dewasa akan membelah diri lagi.

Perkembangbiakan generatif pada hewan

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan memperbanyak jenisnya, begitu pula hewan. Hewan yang telah dewasa akan membentuk sel-sel kelamin. Hewan jantan akan menghasilkan sel kelamin jantan atau sperma, sedangkan hewan betina akan menghasilkan sel kelamin betina atau sel telur atau ovum.

Perkembangbiakan generatif pada hewan diawali dengan pembuahan. Pembuahan adalah peleburan antara ovum dengan sperma. Setelah terjadi pembuahan terbentuklah zigot. Zigot adalah sel telur yang telah dibuahi. Selanjutnya zigot akan tumbuh menjadi janin, kemudian janin tumbuh menjadi anak atau individu baru. Berdasarkan tempat pertumbuhan janinnya, maka hewan dikelompokkan menjadi hewan melahirkan (vivipar), hewan bertelur (ovipar), dan hewan bertelur-melahirkan (ovovivipar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar