Rabu, 15 Juni 2016

Industri kecil (rumah tangga), industri sedang, dan industri besar

Industri kecil (rumah tangga) adalah industri dengan jumlah tenaga kerja 1-19 orang. Contoh industri kecil antara lain industri kerajinan kayu, batik tulis, tanah liat, anyaman, dan sebagainya.

Industri sedang adalah industri dengan jumlah tenaga kerja 20-99 orang. Contoh industri sedang antara lain industri pakaian jadi, batik cap, sepatu dan sebagainya.

Industri besar adalah industri dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 100 orang. Contoh industri besar antara lain industri semen, perkapalan, pupuk, peleburan besi, dan sebagainya.

Industri PMDA, industri PMA, dan industri patungan

Industri PMDA adalah industri yang modalnya berasal dari penanaman modal dalam negeri.

Industri PMA adalah industri yang modalnya berasal dari asing.

Industri patungan adalah industri yang modalnya berasal dari patungan pihak swasta nasional dan asing dengan persentase modal sesuai perjanjian.

Industri berat dan industri ringan

Industri berat yaitu industri yang menghasilkan mesin-mesin dan alat produksi. Contohnya adalah industri alat-alat berat, mesin-mesin percetakan, dan industri transportasi.

Industri ringan yaitu industri yang menghasilkan barang-barang jadi dan siap dipakai oleh masyarakat. Contohnya adalah industri bahan makanan dan minuman, obat-obatan, dan industri barang kerajinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar