Rabu, 08 Juni 2016

Faktor-faktor produksi

Produksi merupakan kegiatan yang mengombinasikan faktor-faktor produksi atau sumber daya ekonomi. Dalam proses produksi, sumber daya yang digunakan berupa sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), sumber daya modal, dan kewirausahaan. Unsur-unsur inilah yang dipenuhi dalam proses produksi.

a.    Sumber daya alam, adalah segala sesuatu yang disediakan alam dan bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
b.    Sumber daya manusia, adalah segala usaha manusia yang dicurahkan untuk melakukan proses produksi. SDM berperan penting dalam proses produksi.
c.    Sumber daya modal, adalah segala sesuatu yang digunakan untuk memperlancar proses produksi dalam menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa.
d.    Kewirausahaan, adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan, mengombinasikan, dan mengelola faktor produksi dalam proses produksi. Seseorang yang melakukan kegiatan tersebut dinamakan wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki jiwa entrepreneur antara lain sikap percaya diri, ulet, berani mengambil resiko, berorientasi pada masa depan, mencari peluang usaha, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar