Kamis, 16 Juni 2016

Jenis karangan

Berikut ini adalah jenis-jenis karangan:
1.    Narasi, adalah jenis karangan yang bertujuan untuk menceritakan suatu pokok persoalan. Persoalan atau peristiwa dalam narasi:
-    biasanya disampaikan secara kronologis dan mengandung plot atau rangkaian cerita
-    di dalamnya ada tokoh yang diceritakan, baik manusia maupun bukan manusia

2.    Deskripsi, adalah suatu karangan yang:
-    bersifat informatif
-    tulisan didasarkan atas hasil pengamatan
-    pembaca diajak menikmati apa yang telah dinikmati oleh penulis
-    susunan peristiwa tidak menjadi pertimbangan utama, yang penting pesan sampai kepada pembaca

3.    Eksposisi, adalah jenis karangan yang bertujuan untuk menerangkan suatu pokok masalah yang dapat memperluas pengetahuan pembaca. Untuk mempertegas masalah yang disampaikan biasanya dilengkapi dengan data-data kesaksian, seperti gambar, grafik, statistik, dan sebagainya. Jika dalam deskripsi kesan subjektif pengarang tampak lebih menonjol, dalam karangan eksposisi tidak.

4.    Argumentasi, adalah jenis karangan yang berisi ide atau gagasan yang dilengkapi dengan bukti-bukti kesaksian yang dijalin menurut proses penalaran yang kritis dan logis, dengan tujuan mempengaruhi atau meyakinkan pembaca untuk menyatakan persetujuannya. Jika dalam eksposisi penutup karangan berupa penegasan, dalam karangan argumentasi penutup karangan berupa simpulan.

5.    Persuasi, adalah karangan yang disampaikan dengan cara-cara tertentu, bersifat ringkas, menarik dan mempengaruhi secara kuat kepada pembaca sehingga si pembaca terhanyut oleh siratan isinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar