Kamis, 09 Juni 2016

Genetika

Bila kita memperhatikan seluruh anggota keluarga, maka sudah dapat dipastikan ada beberapa kemiripan antara anak dengan kedua orang tuanya, diantaranya bentuk hidung, warna kulit, bentuk muka, bentuk rambut lurus, keriting atau mungkin bergelombang.

Timbullah pertanyaan, bagaimana sifat-sifat yang dimiliki oleh orang tua bisa muncul pada anak-anaknya?
Berarti ada sifat menurun yang diwariskan kepada keturunannya dan sifat menurun tersebut dibawa oleh gen. Penurunan sifat menurun itu terjadi melalui proses perkembangbiakan, terlebih perkembangbiakan secara generatif.

Di dalam sel, gen itu sendiri melekat pada kromosom, yaitu suatu badan yang terdapat pada inti sel, berbentuk seperti benang dan mudah menyerap warna.

Jumlah kromosom dalam setiap individu adalah tetap. Untuk menjaga agar jumlah kromosom tetap, maka pada saat akan terjadi peristiwa reproduksi, sel-sel kelamin yang dihasilkan hanya memiliki jumlah kromosom ½ dari sel tubuh induknya.

Karena gen melekat pada kromosom, maka kromosom berpengaruh terhadap penurunan atau pewarisan sifat menurun.

Sifat dominan resesif dan intermedier
Sifat dominan adalah sifat yang menutup atau mengalahkan sifat yang lainnya, sifat yang ditutup atau dikalahkan tersebut disebut sifat resesif. Bila sama-sama kuat disebut sifat intermedier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar