Kamis, 09 Juni 2016

Gaya sentripetal

Pada gerak melingkar beraturan kecepatan linier selalu berubah, maka harus ada percepatan. Seperti diketahui percepatan selalu terjadi jika besar kecepatan atau arah kecepatan berubah. Percepatan pada gerak melingkar beraturan disebut percepatan sentripetal, yaitu percepatan yang selalu tegak lurus terhadap percepatan liniernya dan mengarah ke pusat lingkaran.

Jika sebuah benda dengan massa m bergerak melingkar, maka pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran.

Bulan dijaga tetap pada orbit mengitari bumi oleh gaya sentripetal yang berupa gaya gravitasi. Sebuah elektron dijaga tetap pada orbit mengitari inti atom oleh gaya sentripetal yang berupa gaya tarik menarik antara dua muatan tidak sejenis.

Apabila sebuah benda diikat kuat dengan seutas tali dan ujung tali yang satunya diikatkan pada jari telunjuk, kemudian benda itu diputar, akan terasa ada tarikan pada jari. Semakin dekat benda ke jari, tarikan benda ke jari juga semakin kuat.

Adanya gaya sentripetal juga dapat dilihat pada sebuah benda bertali yang diputar dan ujung tali yang lain dihubungkan dengan benda bermassa m. Ternyata semakin cepat putarannya, beban m akan semakin tertarik ke atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar