Kamis, 16 Juni 2016

Jenis lagu

Penyajian antara instrumen dan lagu disebut campuran. Lagu ada ciri khas dari setiap bentuk musik. Lagu dengan iringan akan selalu menyesuaikan. Berikut ini contoh jenis karya musik yang sesuai dengan instrumennya.

a. Lagu pop
Lagu pop adalah lagu yang mudah dikenal dan digemari masyarakat pada masa tertentu. Ciri khasnya adalah sebagai berikut:
1.    mudah terkenal dan tenggelam
2.    mudah ditemui oleh masyarakat
3.    biasanya dimainkan oleh sekelompok band tertentu, seperti drum, gitar melodi, gitar pengiring, organ, bass, dan saxopon.

b. Lagu hiburan
Pada tahun 60-an musik Indonesia berubah menjadi musik hiburan yang komersial. Pada saat itulah masyarakat Indonesia banyak membutuhkan hiburan. Hal tersebut ditunjang dengan kemajuan teknologi alat rekaman musik yang proses pembuatannya lebih maju dari sebelumnya, akibatnya kaset dan piringan hitam berisikan rekaman lagu Indonesia sudah memasuki proses bebas.

c. Lagu perjuangan
Pada masa revolusi, komponis-komponis Indonesia juga berkarya menciptakan lagu-lagu perjuangan.

d. Lagu seriosa
Lagu seriosa adalah lagu yang serius baik vokal, instrumen, dan keduanya karena pada seriosa ini harus memiliki nilai estetika yang tinggi. Penyanyi seriosa harus memiliki kemampuan bernyanyi yang serius dan teknik yang tinggi serta mampu menginterpretasikan atau menafsirkan maksud dan tujuan dari pencipta lagu. Penyanyi harus ikut luluh ke dalam penyajian lagunya. Pada vokal harus benar-benar betul dan teknik harus terkuasai. Teknik pernapasan panjang pendeknya harus tepat.

e. Lagu keroncong
Lagu yang berasal dari Portugis karena dibawa oleh budak Asia dan Afrika atau Portugis hitam atau Mardiiker, mereka berbaur dengan orang-orang Indonesia (keturunan Indonesia Belanda) dan menjadikan perkembangan musik keroncong pertama kali di Indonesia di daerah Tugu di Jakarta. Akhirnya berkembang sampai sekarang dengan segala kreativitasnya.

f. Lagu langgam
Lagu langgam adalah sejenis lagu keroncong yang menggunakan ukulele. Lagu langgam ada dua macam:
1.    Langgam Jawa, yaitu lagu langgam yang kalimat lagunya bercorak melodi Jawa dan gaya menyanyinya menendang.
2.    Langgam Indonesia, yaitu lagu-lagunya menggunakan bahasa Indonesia. Perkembangannya bisa dilihat dalam bentuk campur sari.

Secara musik barat banyak memengaruhi pada sajian musik di tanah air. Bentuk musik yang berpengaruh barat, antara lain musik keroncong, musik dangdut, musik gambus, musik gambang dan keroncong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar